10 fakta menarik mengenai mimpi


Siapa sih yang ngga pernah mengalami yang namanya mimpi, semua orang pasti pernah mengalaminya, walaupun terkadang mimpi itu tidak selalu indah, terkadang ada yang menyenangkan dan terkadang ada yang tidak menyenangkan, baiklah mari kita simak 10 fakta mengenai mimpi :

Tubuh manusia adalah mekanisme paling kompleks yang pernah dibuat. Pikiran manusia adalah 'makhluk' paling kompleks.

Seperti kita mengisi baterai, tubuh manusia juga perlu recharge atau diisi ulang dengan cara tidur. Tidur adalah hal penting di samping makanan dan air yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup.

Apa saja hal-hal yang dapat dilakukan dengan pikiran manusia masih misteri yang belum terpecahkan. Itu karena fungsi penuh pikiran tidak dapat dideteksi.

Ketika kurang tidur, otak dan tubuh pun akan bereaksi seperti mulai berhalusinasi, mengalami visi yang kabur, bicara menjadi cadel dan sulit mengingat memori.

Lantas, salah satu misteri yang membuat banyak orang bertanya-tanya adalah mengapa kita bermimpi saat tidur? Apa makna mimpi?

(sumber : viva.co.id)

Nah, sebagian orang menganggap mimpi hanya bunga tidur, padahal mimpi adalah permainan saraf atau memori yang dimiliki otak. Tak percaya? Berikut ini adalah 10 fakta menarik mengenai mimpi seperti dilansir dari Boldsky yang patut Anda ketahui.

Lumpuh

Saat tidur, otak Anda melumpuhkan tubuh agar tidak melakukan hal-hal yang sedang dilakukan di dalam mimpi. Namun, jika mimpi seseorang terganggu dalam cara yang buruk, tubuh Anda bisa tetap lumpuh setidaknya sekitar 10 menit setelah terbangun.

Tidur suhu dingin

Tidur di ruangan bersuhu dingin meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami mimpi buruk. 

Hal mustahil dilakukan

Dua hal yang mustahil dilakukan dalam mimpi adalah membaca dan mengenali waktu. Tidak peduli apa yang Anda lakukan, Anda tidak akan dapat membaca dan membaca jam di dalam mimpi.

Dapat mengontrol mimpi

Terdapat mimpi yang disebut lucid dreaming yakni bermimpi dengan sadar. Dalam hal ini orang dapat mengontrol mimpi dan melakukan hal-hal menakjubkan yang mereka inginkan seperti terbang, mengunjungi tempat-tempat baru atau bahkan berjalan menembus dinding.

Kecanduan mimpi

Beberapa orang mengalami kecanduan mimpi dan tidak ingin bangun dari tidur sehingga mereka terus bermimpi sepanjang hari. Untuk memenuhi keinginan tersebut, mereka membutuhkan obat halusinogen yang sangat kuat yang disebut dimethyltryptamine, bahan kimia yang diproduksi oleh otak secara alami.

Tuna netra

Kaum tuna netra yang kehilangan penglihatan bukan dari lahir akan memiliki mimpi berisi peristiwa dan wajah seperti mimpi orang normal. Namun, orang yang menderita tuna netra dari lahir tidak bermimpi sama sekali.

Wajah 

Manusia tidak bisa menciptakan wajah dan karakter. Oleh karena itu, ketika Anda melihat wajah yang tidak Anda kenali dalam mimpi, wajah tersebut merupakan wajah yang pernah Anda lihat sebelumnya, mungkin di masa kecil.

Warna

Tidak semua orang bermimpi dalam warna. Terdapat beberapa orang yang mimpinya berwarna hitam dan putih dan tidak pernah melihat warna dalam mimpi mereka.

Kekerasan

Jika seseorang sering bermimpi mengenai kekerasan seperti berteriak atau menendang, itu bisa menjadi tanda penyakit. Menurut ahli, hal tersebut juga bisa menjadi tanda-tanda awal kerusakan otak yang dapat memicu penyakit Parkinson serta demensia.

Serat optik

Departemen Pertahanan Inggris menanam serat optik berukuran mungil di mata tentara nasional mereka. Serat tersebut layaknya tombol reset yang mampu membuat mereka bekerja secara efisien selama lebih dari 36 jam tanpa tidur. Serat optik itu bekerja dengan menciptakan ilusi yang membuat para tentara percaya bahwa mereka baru saja bangun tidur

Share this

Related Posts

Comments
0 Comments