Penemu Laptop (Komputer Portabel)


Adam Osborne merupakan salah satu tokoh penting dalam dunia teknologi melalui kontribusinya dalam penemuan laptop atau komputer portabel. Laptop merupakan sebuah komputer portabel yang dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.

Laptop merupakan sebuah komputer portabel yang dapat dibawa kemana-mana dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun. Penemu Laptop yaitu Adam Osborne. Dia merupakan alumni Universitas Birmingham, Inggris yang lahir pada tanggal 6 Maret 1939. Adam Osborne merupakan salah satu tokoh penting dalam dunia teknologi melalui kontribusinya dalam penemuan laptop atau komputer portabel. Ia mendapatkan gelar doktornya di Univeristy of Delawar. Saat lulus kuliah ai berprofesi sebagai pembuat aplikasi atau software dan juga aktif dalam menulis berbagai buku. 

Osborne I - Laptop Pertama Di Dunia
Bentuk atau Model laptop saat ini sudah banyak mengalami perkembangan. Bentuknya semakin tipis dan juga ringan untuk dibawa kemana-mana selain itu fitur yang ditanamkan juga semakin canggih dengan dukungan berbagai macam perangkat keras dan lunak untuk memanjakan penggunanya dalam hal menunjang pekerjaan sehari-hari ataupun sebagai hiburan. Namun dulu ketika Adam Osborne pertama kali mengembangkan laptop atau komputer portabel, bentuk atau modelnya sangat jauh seperti model laptop sekarang ini.

Adam Osborne sejak kecil memang sangat memang sangat menyukai hal yang berbau teknologi. Ia juga tak pernah mengira bahwa produk ciptaannya akan mempengaruhi perkembanggan teknologi saat ini. Penemuan laptop atau komputer portabel oleh Adam Osborne pertama kali bermula dari ide seseorang bernama Alan Kay yang memiliki konsep tentang Komputer Jinjing atau cikal bakal dari Laptop. Sebelum menciptakan laptop, ia bekerja sebagai penulis buku komputer dan mendirikan perusahaan buku.

Ide dari Alan Kay kemudian mulai diadopsi oleh Adam Osborne dengan membuat sebuah komputer portabel pertama yang kemudian diberi nama Osborne 1. Dalam mendesain komputer portabel yang diberi nama Osborne I, ia bekerja sama dengan Felsenstein yang memiliki perusahaan produsen perangkat keras dan juga dikenal ahli dalam mendesain papan sirkuit processor.

Komputer Portabel atau Laptop pertama di dunia yang bernama Osborne I buatan Adam Osborne memiliki berat 10 kilogram dengan layar sebesar 5 inci, baterai kecil untuk tenaganya dan memiliki dua floppy drive dan juga dilengkapi dengan memori yang kecil serta keyboard. Untuk perangkat unak atau softwarenya, Osborne I dilengkapi dengan pengolah kata yaitu Wordstar dan pengolah data bernama SuperCalc. Namun harga komputer portabel atau laptop pertama buatan Adam Osborne dibanderol sangat mahal ketika itu sekitar 1.795 Dollar mengingat lisensi harga software yang ditanamakan ke dalam Osborne I juga cukup mahal.

 (sumber : penemu.co)

Osborne I menjadi komputer dengan penjualan paling laris dengan mencapai penjualan sebesar 10.000 unit perbulannya, pendapatan yang diperoleh oleh Adam Osborne pun mencapai sekitar 70 juta dollar. Hal ini membuat perusahaan pesaingnya menjadi kewalahan dalam bersaing dengan Adam Osborne seperti IBM dan Apple. Melihat suksesnya penjualan Osborne I kemudian membuat Adam Osborne mengeluarkan seri selanjutnya dari komputer portabel atau laptop buatannya yang diberi nama Executive, tetapi penjualan Executive tidak selaris dengan Osborne I.

Hingga akhirnya perusahaan Adam Osborne mengalami kebangkrutan. Ia kemudian mendirikan perusahaan bernama Paperback Software International Ltd yang bergerak dibidang pengembangan perangkat lunak atau software dengan mengeluarkan software bernama VP Planner. Namun sialnya perusahaan tersebut juga mengalami kebangkrutan karena Adam Osborne dituduh menjiplak software buatan Lotus Development Corporation yaitu Lotus 1-2-3. Bagaimanapun juga sejarah dan perkembangan penemuan Laptop atau komputer portabel tidak bisa dilepaskan dari kisah Adam Osborne yang memiliki peran penting dalam terciptanya laptop. Hingga sekarang ini, laptop atau komputer jinjing terus menerus mengalami perkembangan baik dari segi bentuk, perangkat keras maupun perangkat lunak yang ada didalamnya. Itulah sedikit informasi mengenai penemu laptop yaitu Adam Osborne, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca penemu.co sekalian. :)

Share this

Related Posts

Comments
0 Comments